Rabu, 11 Juni 2014

Tugas Etika Profesi

  Tidak ada komentar

                           moral di bidang IT.

1.secara etimologi, etika dapat disamakan artinya dengan moral. namun,beberapa para ahli membedakan etika dan moral. apakah yang melandasi perbedaan etika dan moral tersebut!

jawab:  Etika dari segi etimologi (ilmu asal usul kata), etika berasal dari bahasa yunani, ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat. Dengan demikian, etika lebih merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan manusia untuk dikatakan baik atau buruk. Dengan kata lain etika adalah aturan atau pola tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia.
♦ Moral berasal dari bahasa latin yakni mores kata jamak dari mos yang berarti adat kebiasaan. Sedangkan moral adalah sesuai dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia, mana yang baik dan mana yang wajar.
§Etika dan moral berbedaannya, yakni etika lebih banyak bersifat teori, sedangkan moral lebih banyak bersifat praktis. Menurut pandangan ahli filsafat, etika memandang tingkah laku perbuatan manusia secara universal (umum), sedangkan moral secara lokal. Moral menyatakan ukuran, etika menjelaskan ukuran itu. Namun demikian, dalam beberapa hal antara etika dan moral memiliki perbedaan. Pertama, kalau dalam pembicaraan etika, untuk menentukan nilai perbutan manusia baik atau buruk menggunakan tolak ukur akal pikiran atau rasio, sedangkan dalam pembicaran moral tolak ukur yang digunakan adalah norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung di masyarakat.

2. Jelaskan hubungan antara etika, moral dan norma pada praktik pelaksanaan etika di bidang TI !
jawab : v  Hubungan etika,moral dan norma dalam sebuah IT sangatlah penting karna etika,moral dan norma telah menjadi suatu komponen penting dalam sebuah IT dan merangkul satu samalain,  jika seseorang pelaku IT mempunyai Etika namun tidak mempunyai moral dan norma maka iya akan melakukan pekerjaan IT nya hanya menggunakan etikanya, namun iya tidak memandang norma – norma dan moral yang ada,  Begitupun sebaliknya.
v  Etika lebih banyak bersifat  teori, sedangkan moral lebih banyak bersifat  praktis, sedangkan norma adalah tolok ukur/alat untuk mengukur benar salahnya suatu sukap dan tindakan manusia. Norma juga bisa diartikan sebagai,aturan yang berisi rambu – rambu yangmenggambarkan ukuran tertentu. Yang didalamnya terkandung nilai benar atau salah. Dilihat dari fungsi dan peranannya, dapat dikatakan bahwa etika, moral itu sama, yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan manusia untuk menentukan baik dan buruknya.
v  Melihat pesatnya perkembangan tekhnologi yang terjadi saat ini terkadang merubah tingkahlaku dan kebiasaan dari pola hidup dan cara berpikir manusia. Perubahan ini berpengaruh terhadap cara pandang manusia terhadap etika dan norma – norma dalam kehidupannya. Orang yang biasanya melakukan komunikasi secara langsung dengan orang lain atau berinteraksi secara fisik, oleh karna perkenbangan tekhnologi internet dan e-mail maka interaksi tersebut menjadi berkurang. Bahkan dengan tekhnologi handphone sekarang manusia sudah tidak memikirkan jarak dan waktu dalam interaksi.
v  Tekhnologi sebenarnya hanya sebagai alat. Faktor yang terpenting adalah manusia itu sendiri, jangan sampai manusia membiarkan dirinya dikuasai oleh tekhnologi tetapi kita harus bisa mengalahkan tekhnologi, karena tekhnologi dikembangkan untuk membantu manusia dalam  melaksanakan aktifitasnya.  Semakn pesatnya tekhnologi informasi dan komunikasi sekarang ini, menunjukkan bahwa tidak adanya batasan antara mana yang bersifat publik dan mana yang bersifat privasi. Tekhnologi yang ada terutama internet juga memberikan berbagai macam efek terhadap pola hidup manusia, sangat bermanfaat sebaga media untuk belajar, komunikasi promosi, dan sebaghainya
v  Tekhnologi juga tidak sediklit yang memiliki muaatan yang tidak ramah,khususnya bagi anak – anak. Contohnya konten bermuatan porno grafi yang marak dan hanya menguntungkan salah satu phak, tanpa memperhatkan dampak sosial yang lain. Pelanggaran – pelanggaran jugasering terjadi dalam dunia tekhnologi, mulai dari pelanggaran hak cipta, pencemaran nama baik, cyber stalking, spamming,hackink maupun crackink. Dari sini etika sangat diperlukan. Bagaimana sikap kita dalam bertekhnologi dan saat menjelajahi dunia maya atau cyberworld. Ketika kita menulis atau posting. Atau saat blogwallking, atau menulis status di facebook atau yanglainnya, apakah kata – kata kita mengenai sesuatu itu tergolong baikatau buruk, dan menyinggung perasaan orang lain atau tidak, dan apa dampaknya. Kerap sekali terjadi pelecehan dimana-mana, mulai dari pelecehan agama,ras,suku,bangsa,dan negara dan itu terjadi di dunia maya.
v  Menggunakan teknologi baik itu komputer,internet dan teknologi lainnya.jngan sampai kita melakukan pelanggaran dalam berteknologi apa lag sampai merugiakn orang lain.menggunakan  komputer  untuk mencuri,mengganggu hak atau karya orang lain dan sebagainya.hendaknya kita selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan teknologi.
v  Apalagi sekarang telah ada UU ITE yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik.sanksiyang diberikan kepada para pelanggaran teknologi atas hak dan privasi seseorang dan kejahatan didunia online setidaknyadapat memberikan efek jera  kepada mereka,sehingga tidak lagi terjadi lagi pelanggaran-pelanggaran berikutnya.hukum juga sebaiknya memberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap privasi seseorang,termasuk dalam dunia maya.

v  Jika kita selalu beretika dalam berteknologi,memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,secara baik dan benar maka semuanya akan dapat berjalan secara selaras dan seimbang

3. Buatlah sebuah kasus yang membuat seseorang dapat melakukan tindakan yang tidak bermoral dalam bidang IT / kirimkan video kasus tersebut !

sumber video : http://www.youtube.com/watch?v=XNH9PSIlhck

Tidak ada komentar :

Posting Komentar